Pertumbuhan Waralaba di Indonesia
Pertumbuhan Waralaba di Indonesia, Dulu, Kini dan Esok
Pertumbuhan Waralaba di Indonesia dari hari ke hari semakin
tumbuh dan berkembang. Pesatnya pertumbuhan bisnis ritel waralaba di indonesia
ini disebabkan oleh besarnya minat para calon pebisnis yang menginginkan usaha
sendiri. Bukti bahwa bisnis ritel waralaba di indonesia memiliki perkembangan
yang pesat yaitu sekitar tahun 2000 saja
keberadaan waralaba asing yang ada di Indonesia sekitar 200-an,
sedangkan lokal sekitar 30-an. Tiap tahun terus mengalami pertumbuhan dengan
perkiraan pertumbuhan bisa mencapai 10 sampai dengan 15 persen setiap tahunnya.
Artinya usaha jenis ini juga merupakan salah satu usaha yang membawa dampak
yang cukup besar terhadap pertumbuhan ekonomi bangsa Indonesia.
Potensi Berbisnis Waralaba di Indonesia
Bisnis waralaba bisa dijadikan sebagai obat yang ampuh untuk
mengatasi persoalan pengangguran di Negara ini. Kenapa tidak, dengan melihat
potensi yang terdapat pada bisnis waralaba hal itu sangat mungkin terjadi.
Waralaba ternyata bisa mampu menyerap tenaga kerja, risiko bangkrut atau gulung
tikar cenderung lebih kecil bila dibandingkan dengan usaha lain, relative lebih
simple dan cepat, dan yang terpenting bisnis waralaba ini secara nyata mampu
mengubah pola pikir atau mental cukup menjadi seorang pegawai menjadi mental
seorang pemilik atau pengusaha. Selain potensinya yang sangat memungkinkan
mengatasi persolan pengangguran, bisnis ini juga menawarkan rentang biaya
investasi cukup beragam sehingga dapat memberikan opsi pilihan investor.
Pola usaha waralaba tak dapat dibantah akan eksistensinya
dan diminati oleh para pengusaha karena mengingat risioko gagal yang sangat
kecil, bahkan dijalankan oleh pengusaha pemula sekalipun. Tak dapat diragukan
lagi, sebab telah banyak kisah-kisah nyata tentang cerita kesuksesan yang
didapatkan pengusaha Waralaba Di Indonesia.
Berdasarkan data yang dikeluarkan oleh WALI yaitu sebuah
perhimpunan bisnis Waralaba Di Indonesia dan lisensi bahwa pada 2011 saja
pemasukan dari usaha waralaba telah mencapai triliunan, sekita 120 T.
diperkirakan angka tersebut akan terus bertambah untuk tahun 2012 bisa mencapai
144 T Rupiah. Angka yang sangat fantastis bagi ukuran usaha kecil menengah.
Perjalanan Bisnis Waralaba di Indonesia
Sebenarnya pertumbuhan waralaba di indonesia tidak ada akar
sejarahnya dalam tradisi ekonomi
masyarakat Indonesia, akan tetapi karena dampak adanya pengaruh dunia global
yang dikenal dengan proses globalisasi yang terjadi pada segala bidang, menjadikan bisnis franchise ini dapat
diterima pada budaya ekonomi masyarakat. Di negara ini, pertumbuhan bisnis
waralaba makanan dan minuman masuknya waralaba dari luar negeri sekitar tahun
80-90an. Perusahaan seperti bisnis waralaba makanan Kentucky Fried Chiken, McD
yang juga waralaba makanan, dan lain sebagainya adalah contoh konkret waralaba
yang masuk dari luar negeri ke Indonesia pada saat benih-benih munculnya
Waralaba Di Indonesia saat itu.
Sejarahnya di Indonesia, dengan munculnya sebuah dealer
untuk menyediakan kendaraan bermotor dengan pembelian secara lisensi sekitar
tahun 50-an disinyalir sebagai awal berkembangnya sistem waralaba. Kemudian
sekitar tahun 70-an berkembang menjadi sebuah sistem yang lebih luas, yaitu
tidak hanya menyalurkan tetapi juga punya wewenang memproduksi barangnya.
Barulah awal sistem bisnis ritel ini mendapatkan pengakuan secara hukum di
Indonesia sekitar tahun 1997, yaitu dengan adanya peraturan yang dikeluarkan
pemerintah mengenai bisnis waralaba dan seterusnya mengalami
perubahan-perubahan tentang penyelenggaran bisnis Waralaba Di Indonesia.
Walaupun bisnis dengan konsep waralaba tidak ada dalam
tradisi ekonomi di Indonesia, tetapi bisnis Waralaba Di Indonesia memliki
potensi besar untuk berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia
sehingga akan tercipta masyarakat yang sejahtera.
Analisis: Dengan adanya waralaba di Indonesia, dari jaman ke
jaman turut meningkatkan kesejahteraan rakyat, ini merupakan salah satu usaha
rakyat yang cukup baik dan bagus dibidang perekonomian Indonesia.
Sumber :
http://www.centerwaralaba.com/2012/04/23/pertumbuhan-waralaba-di-indonesia/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar