Pengertian Pemasaran
Pengertian /Definisi Pemasaran - Pemasaran adalah salah satu kegiatan
pokok yang perlu dilakukan oleh perusahaan baik itu perusahaan barang atau jasa
dalam upaya untuk mempertahankan kelangsungan hidup usahanya. karena pemasaran merupakan salah satu kegiatan perusahaan, di mana
secara langsung berhubungan dengan konsumen Menurut Stanton (2001), definisi
pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang
ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan
mendistribusikan barang atau jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli
yang ada maupun pembeli potensial.
Pemasaran sering disebut sebagai permintaan karena pemasaran itu merupakan analisis,perencanaan,implementasi dan pengendalian program yang dirancangan untuk menciptakan,membangun dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan target pembeli untuk mencapai sasaran organisasi.Manajemen pemasaran termasuk menata oleh permintaan,yang akhirnya termasuk menata olah hubungan dengan pelanggan.jadi manajemen pemasaran adalah manajemen permintaan
perbedaan kebutuhan dan keinginan berdasarkan konsep inti
pemasaran
a. Konsep
produksi
Anggap bahwa pemasaran yang berorientasi kepada
proses industri, bahwa konsumen hanya akan membeli produk-produk dengan harga
yang murah atau terjangkau, sehingga fokus kegiatan perusahaan yang harus
dilakukan adalah efisiensi biaya baik produk maupun distribusi agar dapat
menjual barang dengan harga murah yang dapat terjangkau bagi konsumen.
b. Konsep produk
Konsumen lebih menginginkan (menghendaki)
produk-produk yang berkualitas atau berpenampilan menarik,oleh sebab itu dalam
memasarkan suatu produk biasa dan sengaja dikemas semenarik mungkin karena
dapat menunjang peminat dalam suatu produk.
c. Konsep
penjualan
Anggapan bahwa pemasaran berorientasi kepada
tingkat penjualan (internal) sehingga perlu dipengaruhinya konsumen, agar
penjualan dapat meningkat sehinga tercapainya profit maksimum dalam penjualan
yang merupakan tujuan perusahaan.
d. Konsep pemasaran
Anggapan bahwa pemasaran berorientasi kepada
pelanggan (eksternal)dan konsumen hanya akan bersedia membeli produk-produk
yang dapat memenuhi kebutuhan dan dapat memberikan kepuasan. Sehingga
perusahaan memfokuskan untuk memenuhi kepuasan pelanggan melalui prilaku
konsumen.
e. Konsep
pemasaran yang memasyarakat (sosial)
Konsumen hanya bersedia untuk membeli produk yang
dapat memenuhi kebutuhan dan bertujuan memenuhi kebutuhan masyarakat dan
memperbaiki relasi antara produsen dan masyarakat.
referensi :
http://id.scribd.com/doc/29883732/Konsep-Dasar-Manajemen-Pemasaran
http://fauzijonhar4.blogspot.com/2012/12/pengertian-pemasaran.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar